STOP! Nyalakan Mobil Saat Parkir dalam Waktu Lama!

 Source : www.eaststreetregeneration.info

Ayo siapa nih yang pernah nemuin fenomena mobil parkir, namun mesinnya tetap menyala? Kuce pernah nih guys, dan di dalam mobil ada orang yang sedang menunggu. Mungkin saja ini dilakukan agar AC di dalam mobil tetap nyala dan penumpang yang di dalam tidak kepanasan! Masuk akan dong ya 😀

Tapi sayang nih guys, ternyata menyalakan mobil dalam waktu parkir atau diam terlalu lama dapat membuat kita rugi besar lho! Salah satunya pemborosan bahan bakar minyak yang digunakan mobil tersebut. Dan paling parahnya, mobil kamu dengan emisi Euro2 yang dilengkapi catalytic converter jika terlalu panas komponen yang berfungsi untuk alat penurun emisi gas buang, justru tidak dapat bekerja dengan maksimal lho! Bahkan bisa memicu kebakaran guys!

Kata para teknisi yang Kuce temui nih meski bekerja saat panas, suhu pada catalytic converter tidak boleh melebihi ambang batas yang telah ditentukan lho! Nih, suhu pada catalytic converter berkisar sekitar 400-500 derajat celcius.

Nah, suhu pada komponen ber-catalytic converter bakal terjaga dengan adanya embusan angin saat mobil sedang melaju guys! Dan jika kompenen ini dipanaskan dalam waktu lama pada kondisi mobil berhenti atau parkir, kenaikan suhunya akan melebihi ambang batas aman lho! Cukup mengerikan bukan?

Inilah alasannya mengapa kamu tidak boleh menyalakan mobil saat parkir yang cukup lama guys! Ada baiknya kamu tetap membaca buku panduan mobilmu ya, karena di sini kamu bakal tahu berapa lama waktu yang tepat menyalakan mobil dalam kondisi diam.

× Chat yuk