Perawatan Tepat Untuk Pintu Belakang Daihatsu Xenia

Karat bisa muncul jika Anda malas melakukan pengecekan dan perawatan pada tuas pendorong handel kunci pintu belakang mobil ini.

www.daihatsu.co.id

Karat yang menyerang komponen selalu jadi musuh para pemilik mobil. Sebab jika part bermaterial besi terkena virus ini maka akan gampang rusak dan merembet ke bagian yang lain.

Contohnya jika tuas pendorong handel kunci pintu belakang mobil Daihatsu Xenia berkarat. Masalah yang muncul pada pintu belakang itu tidak mau terbuka meski tuas pengungkit di kabin sudah ditarik. Jika sudah begitu mau tidak mau Anda harus membuka menggunakan kunci kontak.

Karat bisa muncul jika Anda malas melakukan pengecekan dan perawatan pada tuas pendorong handel kunci pintu belakang mobil ini. Apalagi peranti ini kerap dialiri air hujan meski langsung dibuang lewat lubang pembuangan. Tak ayal jika lubang pembuangan tersumbat kotoran, endapan air hujan akan munculkan karat dan sangat mungkin menggerogoti bagian peranti itu hingga merusak lebih parah.

“Jika ingin tuas pendorong kunci pintu belakang awet dan terhindar karat, ada baiknya lubang aliran air rajin di cek dan dibikin lancar agar tidak ada endapan air hujan. Biar mudah, caranya rumah dudukan kunci dilepas dulu dari dudukannya,” ujar Fajar Jaka Mursena, teknisi bengkel Eka Auto di Pamulang, Tanggerang Selatan.

Nah, jika Anda ingin melakukan sendiri, langkah awal yang perlu dilakukan adalah buka pintu belakang terlebih dulu. Dilanjutkan dengan melepas 2 baut pengikat rumah pengait kunci pintu belakang menggunakan kunci sok 10, sebelum kabel penarik pengait dicopot dari rumahnya.

Jika sudah terlihat bebas, langkah terakhir adalah mengecek lubang pembuangan air tadi. Pastikan lubang tidak ada kotoran agar air hujan tidak mengendap di ruang tersebut. Gunakan kuas halus untuk membersihkan untuk menghindari gesekan keras di bodi. Mudah bukan?

× Chat yuk