Merawat Vleg Mobil Agar Tetap Prima

Velg merupakan rumah bagi ban yang bertujuan untuk menopang dan menjalankan mobil. Jika velg sudah menghajar lubang atau menyenggol trotoar maka riskan peyang, penyok, atau bahkan retak dan pecah. Agar terhindar dari hal tersebut, kamu bisa ikut 4 cara ini

daihatsu.co.id

Velg merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Velg berguna sebagai rumah bagi ban yang bertujuan untuk menopang dan menjalankan mobil. Namun, jika sudah menghajar lubang atau menyenggol trotoar, jadi sesuatu yang menakutkan bagi para pengguna mobil. Jika benturannya cukup keras maka velg riskan peyang, penyok, atau bahkan retak dan pecah.

Jika sudah terjadi hal seperti itu, dan kebetulan kantong kosong maka solusinya memperbaikinya sendiri. Tetapi, jika kerusakannya sudah parah, mau tidak mau kamu harus membawa dan memperbaikinya di bengkel.


Berikut ini cara merawat velg mobil agar tidak cepat penyok.

1. Cek Kondisi Velg

Hal pertama dilakukan, yakni mengecek seberapa parah penyok atau legokan yang ada pada velg mobil kamu. Jika hanya sedikit tentu saja mungkin tidak perlu diperbaiki, tetapi jika sudah sampai mengganggu performa kendaraan maka akan membahayakan terutama saat kecepatan tinggi.

2. Langsung ke Bengkel

Butuh keahlian khusus untuk memperbaiki velg, sebab tak sembarang orang bisa memperbaikinya sendiri. Cara yang dilakukan bengkel bermacam-macam, antara lain dengan diketok, dipanaskan, dan yang terbaru dengan menggunakan mesin canggih, yaitu velg dipres secara khusus.

3. Hindari Jalan yang Berubang jika Ingin Awet

Agar kejadian velg penyok tidak kembali terulang maka kamu jangan terlalu sering melewati jalan yang berlubang dalam tanpa menghindarinya.

4. Rawatlah Velg Mobil Kamu

Rawatlah velg mobil kamu seperti komponen mobil lainnya. Apalagi mengendarai mobil saat kondisi hujan dianjurkan bagi pemilik mobil selalu cek tekanan angin ban mobil. Di saat cuaca panas, kemudian tiba-tiba hujan maka ukuran tekanan angin ban bakal berubah dan mempengaruhi ketidaksempurnaan ban mobil kamu.

Lalu, jangan pernah kamu mencuci velg mobil dalam suhu panas. Biarkan hingga suhu menurun hingga sampai dingin. Karena jamur akan timbul jika kita langsung menyiramnya dengan air. Jadi, jika mau mencucui pelek mobil harus ditunggu sampai dingin dulu.

Satu lagi hindari dalam membersihkan noda atau kotoran pada velg dengan sabun colek. Sebab, sabun colek dapat merusak kontur permukaan velg.

× Chat yuk