Masalah-masalah Umum & Solusi Pada Rem Mobil

Salah satu bagian mobil yang harus sering diperiksa adalah sistem pengereman karena termasuk komponen vital. Masalah pada rem mobil yang harus Anda ketahui, yakni lampu rem tidak menyala, rem mobil bersuara, tekanan pada pedal rem ringan, bau tidak sedap dari rem, rem sudah tidak pakem, dan tarikan

daihatsu.co.id

Pemeriksaan kendaraan yang rutin wajib dilakukan, apalagi jika akan menggunakannya untuk perjalanan jauh. Salah satu bagian yang harus diperiksa adalah sistem pengereman yang menjadi komponen vital pada setiap kendaraan. Hal yang cukup wajar Jika Anda merasa khawatir dengan rem mobil yang tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah tanda yang muncul ketika sistem rem mobil bermasalah.

1. Lampu Rem Tidak Menyala

Lampu rem memberikan tanda bagi pengendara di belakang bahwa kita mengurangi kecepatan. Akan jadi masalah saat lampu rem menyala terus atau bahkan tidak mau hidup saat kita menekan tuas rem. Pengendara dibelakang bingung sehingga bisa terjadi hal yang tak diinginkan. Jika ini terjadi disarankan untuk segera periksa ke bengkel terdekat. Bagian ini sebenarnya tak terlalu sulit, tapi jika Anda tidak mau ribet bisa serahkan saja kepada ahlinya.

2. Rem Mobil Bersuara

Semakin sering rem digunakan maka debu dan kotoran akan menempel pada permukaan rem. Efeknya, saat rem diinjak maka tidak akan semulus biasanya dan mengeluarkan suara yang cukup berisik. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih rem. Namun, disarankan untuk dilakukan di bengkel agar sistem pengereman dapat dibongkar terlebih dahulu dan dibersihkan secara keseluruhan.

3. Tekanan Pada Pedal Rem Ringan

Pedal rem yang terasa sangat ringan saat diinjak dan tidak segera kembali ke posisi semula dengan wajar berarti ada kerusakan dalam mobil Anda. Hal ini membuat mobil tidak layak untuk dikemudikan. Adapun penyebabnya adalah kebocoran. Hal pertama yang harus dicek, yakni penampungan minyak rem. Minyak rem membantu untuk mempertahankan tekanan yang diperlukan untuk sistem hidrolik. Selain itu, ada juga penyebab lain terkait masalah ini, seperti tertahannya posisi kaliper pada rem, buruknya sistem kaliper, dan beberapa komponen yang sudah harus diganti.

4. Bau tidak Sedap dari Rem

Terkadang Anda mencium bau tidak sedap ketika sedang berkendara, terutama ketika sedang berada di turunan. Bau tidak sedap itu biasanya muncul dari kampas rem yang bekerja terlalu keras karena terlalu sering mengerem di turunan. Periksalah kampas rem Anda bila sering mengeluarkan bau tak sedap.

5. Rem Sudah tidak Pakem

Rem harus bekerja efektif untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Saat pedal rem sudah diinjak kuat dan kendaraan masih belum berhenti, hal ini pertanda bahwa rem kurang pakem. Salah satunya bisa disebabkan karena lapisan kampas rem atau pada rem sudah aus.

6. Tarikan Mobil Berat

Jika mobil terasa berat ada kemungkinan remnya macet. Ini disebabkan karena pada rem akan selalu menjepit piringan, meskipun pedal rem tidak sedang diinjak. Namun, bisa juga disebabkan kampas rem bergesekan dengan tromol saat rem tangan dibebaskan. Cara mudah mengetahuinya adalah dengan memarkir kendaraan di jalan yang sedikit miring, pedal rem tidak ditekan, lalu rem tangan dibebaskan. Jika kendaraan dapat bergerak sendiri karena berat kendaraan maka dapat dipastikan rem tidak macet.

× Chat yuk